PREDIKSI ANGIN LEBAT WILAYAH NTB TANGGAL 20 DESEMBER 2017 - Berita & Informasi Dunia Pendidikan

Tuesday 19 December 2017

PREDIKSI ANGIN LEBAT WILAYAH NTB TANGGAL 20 DESEMBER 2017

BADAI

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok (BIL) merilis predisksi cuaca pada Rabu (20/12) besok.

Adanya peluang tekanan rendah yang memanjang dari perairan sebelah Barat Pulau Sumatera hingga perairan Selatan Pulau Lombok serta adanya Sirkulasi Eddy di sebelah Timur Pulau Timor, memicu terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di wilayah NTB. Kondisi ini sangat mendukung compositions pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah NTB.

"Kondisi tersebut berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari di sebagian Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa bagian Barat dan Tengah, dan sebagian wilayah Dompu dan Bima," ujar Prakirawan Cuaca BMKG BIL, Levi Ratnasari.

Dengan prediksi tersebut, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti terjadinya genangan air, angin kencang, serta agar perlu diwaspadai peningkatan tinggi gelombang mencapai ≥ 2 meter di wilayah perairan Selat Lombok, Selat Alas, perairan Selatan NTB.


Pada saat ini juga terjadi hujan yang tidak pernah reda dari siang tadi yang di sertai angin kencang di wilayah Lombok timur.ada beberapa pohon tumbang pada hari selasa di sekitaran jalan menuju ijobalit korleko yang di sebabkan oleh kencangnya angin pada siang tadi.untuk itu asal sudah waspada kalo kemungkinan akan terjadi hujan lebat yang di sertai angin kencang.berhati hatilah jika berkendaraan jangan lupa pakai pengaman seperti helm.

No comments:

Post a Comment